Mau Bikepacking? Ini 5 Tips yang Harus Diperhatikan

Apakah kamu hobi bersepeda sambil menjelajahi tempat-tempat baru? Artinya, kamu doyan bikepacking!

Nah, sebelum bikepacking, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalananmu nyaman dan bisa menikmati tempat-tempat baru itu dengan puas.

1. Perencanaan

Saat merencanakan rute, lebih baik habiskan banyak waktu terlebih dahulu untuk merencanakan perjalananmu. Pilih jalan yang akan kamu lalui, jam berapa kamu akan berangkat, atau di titik mana kamu akan berhenti beristirahat. Rute perjalanan dan planning yang terarah (apalagi sedang pandemi) akan menentukan kelancaran petualanganmu.

Namun saat ini, di tengah pandemi global, penting untuk memastikan bahwa restoran, hotel, dan tempat perkemahan yang ingin kamu singgahi ternyata benar-benar buka dan beroperasi.

2. Berkemas untuk perjalanan

Tidak berencana untuk berhenti di kota sepanjang jalan? Kamu bisa pergi dengan beberapa pakaian kasual. Menginap di Airbnb dan hotel? Perlengkapan mandi berarti tidak perlu kamu bawa. Semua tergantung pada jenis perjalanan bikepacking yang kamu rencanakan. Jangan pernah lupa bawa masker dan hand sanitizer, ya.

3. Sesuaikan ban sepeda

Sesuaikan ban dan suspensi agar sesuai dengan medan dan jumlah beban yang kamu bawa. Semakin berat beban, semakin banyak kamu harus meningkatkan udara di ban dan tekanan suspensi.

4. Siapkan tas pannier

Pannier mungkin optimal untuk seseorang yang mencoba perjalanan jauh yang lebih lambat. Namun, jika kamu berharap untuk pergi dengan cepat atau mencapai single track di sepanjang jalan, lebih baik beli pannier yang dipasang di kursi, setang, dan bahkan frame sepeda.

5. Siapkan botol minum

Jika menginginkan kapasitas air ekstra — pasang bottle cage sebanyak mungkin ke sepeda. Jika kamu tidak memiliki banyak titik sambungan, gunakan tas botol khusus untuk sepeda dan kaitkan pada frame. Kamu juga dapat mengamankan botol langsung ke bingkai menggunakan tali dan ikatkan ke sepeda.

Ingat selalu utamakan keselamatan lebih dari apa pun, ya!