Jangan Saltum, Ini Daftar Outfit Sepeda Gunung Buat Gowesata

Gowes yang nyaman juga ditunjang dengan pakaian alias outfit yang sesuai. Intinya, jangan sampai salah kostum, lho!

Jika kamu menekuni hobi bersepeda gunung, ada beberapa outfit yang harus kamu miliki agar kegiatan gowes dan bertualangmu terasa nyaman dan menyenangkan. Berikut ini perlengkapan dan outfit bersepeda gunung yang perlu kamu tahu.

1. Helm

Pesepeda gunung memiliki risiko tergelincir atau jatuh lebih besar dibandingkan goweser sepeda lipat. Karenanya, perlengkapan perlindungannya memiliki desain berbeda.

Helm yang ditujukan untuk bersepeda gunung biasanya memiliki lebih sedikit lubang ventilasi dan menutupi lebih banyak bagian belakang dan samping kepala.

Desain tersebut sebagai perlindungan lebih bagi goweser sepeda gunung. Karena, ketika jatuh, goweser sepeda gunung mendarat di permukaan yang tidak rata.

Helm sepeda gunung juga memiliki desain yang melindungi goweser dari paparan sinar matahari dan hujan, sekaligus menangkis cabang pohon yang mungkin menggantung rendah.

Harga helm sepeda di e-commerce bisa ditemukan mulai dari Rp95 ribu.

2. Kacamata

Kacamata adalah item yang penting dalam keseluruhan outfit bersepeda gunung. Pasalnya, selama gowes di area pegunungan, mata goweser rentan terkena paparan sinar matahari atau serpihan yang dilontarkan ban depan sepeda.

Goweser disarankan untuk memilih kacamata yang lensanya bisa diganti-ganti supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi. Misalnya, lensa kacamata bening untuk berkendara di kondisi gelap dan lensa berwarna untuk menangkal cahaya matahari.

Kalau kamu mencari kacamata sepeda gunung di e-commerce harganya mulai dari Rp65 ribu.

3. Jersey

Jersey bersepeda gunung memiliki karakteristik berupa potongannya yang longgar. Goweser pun bisa memilih jersey dengan lengan pendek, tiga perempat, atau lengan panjang.

Jersey lengan pendek bisa menjaga goweser tetap merasa adem saat gowes di cuaca yang panas. Jersey berlengan panjang bisa melindungi area lengan dari matahari hingga ranting di medan gowes.

Dengan jersey lengan panjang biasanya didesain bersama dengan panel jaring untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Jersey MTB di e-commerce harganya bisa ditemukan dari Rp102 ribu.

4. Celana pendek

Ketika bersepeda gunung, goweser duduk di atas sadel melewati medan yang rumit. Goweser juga mungkin banyak duduk-berdiri dari sadel selama perjalanan.

Karenanya, goweser yang hendak bersepeda gunung disarankan untuk memilih celana dengan bantalan agar mengurangi gesekan.

Dengan bersepeda gunung, aerodinamika jarang menjadi perhatian, karenanya goweser bisa memilih celana gowes yang longgar.

Celana sepeda gunung yang longgar biasanya memiliki panjang sekitar selutut dan terbuat dari bahan elastis atau bahan yang lebih kuat menahan sobekan. Bagian belakangnya juga lebih elastis mengikuti gerak goweser.

Celana pendek MTB dengan padding bisa ditemukan di toko online mulai Rp90 ribu.

5. Celana panjang waterproof

Celana panjang bersepeda gunung tidak hanya untuk menjaga area kaki agar bersih dari medan berlumpur, tetapi juga memberikan kehangatan ketika suhu menjadi lebih dingin.

Celana panjang ini biasanya dibuat dengan varian bahan kedap air. Semakin tinggi kemampuan celana menahan air, kemampuan menyirkulasi udara berkurang. Pastikan bahwa celana panjang yang dipilih tidak terlalu longgar atau tidak terlalu ketat.

Celana panjang MTB bisa ditemukan di e-commerce mulai Rp85 ribu.

  1. Sarung tangan

Sarung tangan yang melindungi seluruh tangan hingga jari-jari lebih banyak memberikan perlindungan lebih komprehensif. Goweser akan membutuhkan sarung tangan yang melindungi tidak hanya dari cuaca tetapi juga ketika jatuh.

Sarung tangan juga memberikan pegangan lebih kuat di handlegrip karena menawarkan traksi lebih. Tidak hanya pada handlegrip, tetapi juga rem dan shifter.

Kalau kamu mencari sarung tangan MTB yang melindungi seluruh area telapak tangan dan jari-jari, harganya di e-commerce mulai Rp97 ribu.

Itulah beberapa outfit bersepeda gunung yang perlu kamu ketahui. Tetap nyaman bersepeda dengan melengkapi perlengkapan bersepedamu seperti daftar outfit di atas, ya!