Hindari 4 Kebiasaan Ini Setelah Gowesata

Olahraga bersepeda yang mudah dilakukan membuatnya banyak digemari oleh masyarakat. Dari anak-anak hingga usia lanjut pun, semua menyukai olahraga satu ini.

Namun, ada kebiasaan buruk yang perlu dihindari setelah melakukan kegiatan bersepeda. Kebiasaan ini malah mengurangi manfaat berolahraga, lho. Kebiasaan apa saja itu? Yuk, simak selanjutnya berikut ini!

1. Langsung duduk

Karena merasa capek, wajar saja kalau kamu sangat ingin duduk setelah bersepeda. Tapi, kalau hal ini dilakukan, kamu bakal berisiko mengalami kram atau pegal.

Pasalnya, setelah berolahraga, terjadi peningkatan produksi asam laktat dalam darah. Duduk menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga terjadi penumpukan asam laktat.

Jadi, sesudah bersepeda, sebaiknya kamu melakukan pendinginan dengan berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Kalau kamu sudah merasakan otot-otot kamu mulai lemas dan rileks kembali, kamu boleh mulai duduk untuk beristirahat.

2. Langsung mandi

Karena merasa gerah, kamu pun biasanya ingin segera mandi dan membersihkan diri. Namun, mengguyur air saat tubuh masih berkeringat dan panas, dapat membuat tubuh kamu mengalami penurunan suhu secara mendadak. Kondisi ini bisa bikin irama jantung melambat dengan tiba-tiba.

Padahal, setelah olahraga, ritme jantung harus tetap di atas normal untuk memompa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh otot tubuh yang baru saja bekerja keras. Karena itu, kamu perlu menurunkan suhu tubuh dulu sekitar 15 hingga 20 menit, baru kamu bisa mandi dan membersihkan diri.

3. Tidak ganti baju

Baju yang kamu gunakan untuk berolahraga biasanya akan penuh dengan keringat dan bakteri. Karena itu, sebaiknya kamu segera melepas baju yang penuh dengan kuman itu biar nggak terpapar bakteri yang menempel di baju.

4. Makan terlalu banyak

Sesudah berolahraga, kamu sebaiknya menjaga asupan makananmu secara bertahap. Kebiasaan ini membuat lambungmu bekerja keras pada saat tubuhmu masih kelelahan. Sebaiknya kamu pilih makanan yang ringan dan mudah dicerna.

Selain itu, pilihlah protein dan karbohidrat untuk mengganti energimu yang terkuras dengan cepat.

Itu dia beberapa kebiasaan yang harus dihindari setelah melakukan olahraga sepeda. Selain memerhatikan kondisi tubuh, kamu juga perlu memerhatikan kondisi sepedamu, ya.