Goweser, Ini 4 Hal yang ‘Haram’ Dilakukan saat Mencuci Sepeda

Punya hobi bersepeda, tentu harus diimbangi dengan rajin merawat sepeda juga. Sebab, semakin sering dipakai, sepeda semakin butuh perawatan ekstra.

Tapi, jangan asal mencuci sepeda, ya. Sebab ada beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan saat mencuci sepeda. Apa saja?

1. Jangan membalikkan sepeda

Beberapa goweser sering membalikkan sepeda mereka saat mencuci. Cara ini memang memudahkan untuk mengakses area yang sulit dijangkau pada sepeda.

Namun, membalik sepeda berisiko, loh. Sebab, jika sepeda dibalikkan dapat menyebabkan goresan pada jok, bagian-bagian kerangka dan bahkan perangkat tambahan yang terpasang seperti GPS bisa terpengaruh negatif.

Lebih baik, jika sandarkan sepeda ke dinding. Tetapi jika kamu bersikeras ingin membaliknya, pastikan di alas di atas kain atau permadani tebal, ya.

Oya, membalik sepeda juga akan membuat rem hidrolik tidak berfungsi untuk sementara, lho!

2. Jangan merendam sepeda

Mungkin ini terdengar konyol, namun ternyata gak sedikit orang melakukan cara ini saat mencuci sepeda.

Meskipun menaruh sepeda di bak mandi tampak jadi cara tercepat. Masalahnya adalah ketika bagian-bagian sepeda dicelupkan atau direndam, air dapat masuk ke bagian inti sepeda seperti di dalam hub dan casette jika tidak tertutup.

3. Jangan menyemprotkan WD-40 ke kanvas rem

Jika kanvas rem terlanjur berkarat dan kotor, jangan semprotkan WD-40. Sebab itu hanya akan memperburuk permukaan kanvas rem.

Disarankan untuk menggunakan WD-40 jenis Specialist Brake & Parts Cleaner. Jenis ini memang diproduksi untuk membersihkan permukaan karat yang masih ringan.

4. Jangan gunakan hanya satu spons

Cara terbaik mencuci sepeda adalah dengan memiliki spons lebih dari satu. Ini efektif agar tidak terus menerus mencuci ke bagian-bagian sepeda dengan hanya satu spons.

Alangkah baiknya cuci sepeda menggunakan tiga atau empat spons. Dua spons untuk membersihkan bagian inti sepeda seperti frame, roda dan fork. Spons lainnya untuk bagian yang berminyak seperti rantai, crankset, dan RD.

Yuk, cuci sepedanya!