Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Strava untuk Maksimalkan Gowesata

Bagi yang hobi gowes maupun yang rutin berolahraga, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi Strava. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi olahraga, termasuk untuk cycling, yang paling terkenal di dunia.

Cara menggunaan aplikasi Strava ini adalah dengan mengaktifkan GPS untuk mencatat dan merekam data-data bersepeda mereka, ataupun sekedar untuk mengikuti di Strava supaya mereka nggak bosan.

Aplikasi Strava ini sendiri sudah digunakan oleh ribuan pengguna di seluruh dunia, dan sejak saat itu sudah ada jutaan rute bersepeda yang masuk ke dalam aplikasi ini. Nah, kalau kamu termasuk salah satu pengguna Strava, berikut ada cara menggunakan aplikasi Strava secara maksimal.

Cara menggunakan aplikasi Strava

Aplikasi Strava ini sangat bagus untuk melacak data bersepeda dan untuk membantumu melihat kemajuanmu, tapi ada cara menggunakan Strava untuk memaksimalkan fitur-fiturnya. Yuk kita simak!

1. Bersepeda dengan mengikuti challenge harian

Pengin bersepeda yang nggak membosankan dan lebih baik dari rute-rute kamu serta catatan waktu yang lebih baik dari sebelumnya? Kamu bisa mengikuti challenge rutin yang digelar oleh Strava. Cara menggunakan Strava untuk mengikuti challenge rutin ini adalah dengan membuka situs Strava, lalu sign in ke dalam situs tersebut.

Kamu bisa mengikuti challenge rutin berupa virtual race yang bisa kamu ikuti, seperti menempuh sejumlah rute selama beberapa waktu, ataupun berapa banyak jarak yang bisa kamu tempuh dalam waktu sebulan.

2. Tentukan rute bersepeda dengan Strava Heatmap

Fitur Strava Heatmap adalah salah satu cara mengikuti rute di Strava dengan cara menentukan rute mana yang paling banyak kamu tempuh. Fitur ini akan merangkum seluruh rute di Strava yang udah kamu tempuh, dan untuk melihat mana rute yang paling sering kamu lalui.

Namun, ada cara mengikuti rute Strava yang lain nih. Karena Strava Heatmap menampilkan mana rute yang paling sering kamu lalui, berarti kamu bisa mencoba rute yang nggak pernah kamu lalui. Heatmap juga memungkinkanmu untuk melihat pengguna Strava lain yang lagi aktif, lalu melihat rute potensial mereka.

3. Atur zona privasi

Aplikasi Strava bisa digunakan layaknya media sosial. Kamu bisa berbagi hasil bersepedamu ke teman-teman kamu, atau posting foto terbaru ketika menempuh rute bersepeda, tapi kamu juga harus berhati-hati dengan orang jahat yang bisa menyalahgunakan aplikasi ini dengan niat mencuri sepedamu yang bagus atau mencari alamat rumahmu.

Untungnya, aplikasi Strava sudah mengantisipasi hal ini. Masuk ke pengaturan privasi dan atur “Privacy Zone” di sekitar rumahmu. Setiap rute yang dimulai atau berakhir di sekitar area ini nggak akan tampil secara online, tapi datanya akan tetap tersimpan.

4. Gunakan Strava Flyby untuk membandingkan hasilmu dengan yang lain

Salah satu cara menggunakan Strava yang lain adalah dengan menggunakan fitur Strava Flyby. Fitur ini memungkinkanmu untuk nggak cuma melihat data sepedamu, tapi juga data sepeda orang lain, baik selama race, olahraga harian ataupun saat kebetulan bersepeda dengan orang asing.

Fitur ini memungkinkanmu untuk membandingkan apakah kamu lebih cepat atau bagian mana ketika mereka lebih lambat. Kalau kamu nggak pengin datamu dilihat orang lain, kamu tinggal buka pengaturan “Privacy”, lalu di bagian “Flyby” centang “nobody”. Kamu pun nggak bakal terlihat di fitur Flyby.

5. Bagikan data-datamu hanya kepada temanmu

Kalau kamu nggak terlalu pengin data-data bersepedamu dilihat oleh pengguna aplikasi Strava yang lain di seluruh dunia, atau kamu hanya ingin memperlihatkannya kepada beberapa temanmu yang juga menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mengubah pengaturan privasimu.

Yang perlu kamu lakukan hanya masuk ke pengaturan “Privacy”, lalu aktifkan “Enhanced Privacy Mode”. Dengan ini, hanya teman-temanmu yang bisa melihat aktivitasmu selama menggunakan aplikasi Strava.

Itulah cara menggunakan Strava supaya kamu bisa memaksimalkan fitur-fitur aplikasi Strava ini dengan baik. Kamu juga bisa coba cara mengikuti rute di Strava, biar kamu nggka mudah bosan dengan rutinitas bersepedamu.