5 Jenis Sepeda Berdasarkan Cabang Olahraganya, Bikin Goweser Mupeng!

Siapapun yang hobi bersepeda pasti menginginkan tubuhnya menjadi sehat dan terbebas dari penyakit. Selain itu, jenis sepeda yang digunakan pun juga menjadi impian tersendiri bagi para penggiat sepeda.

Ternyata, ada beragam jenis sepeda yang menyesuaikan cabang olahraganya, lho! Apa saja, ya? Yuk, simak berikut ini!

1. Time trial bicycle

Time trial bicycle adalah sepeda balap yang dirancang untuk digunakan dalam uji coba individu atau tim yang berjalan di jalan datar. Sepeda ini juga ada yang diperuntukan dalam velodrome atau area untuk lomba balap sepeda.

2. Triathlon bicycle

Triathlon adalah kompetisi multipel yang melibatkan penyelesaian tiga disiplin yaitu ketahanan, berkelanjutan dan sekuensial. Banyak variasi olahraga dari triathlon, dalam bentuknya yang paling populer melibatkan berenang, bersepeda, dan lari maraton.

3. Track bicycle

Track bicycle adalah sepeda yang dioptimalkan untuk balap di velodrome. Tidak seperti sepeda jalanan, track bicycle sepeda adalah sepeda fixed-gear, dengan demikian sepeda ini hanya memiliki satu rasio roda gigi dan tidak memiliki freewheel atau rem.

4. Cyclo cross

Cyclo Cross adalah bentuk balap sepeda yang biasanya berlangsung di musim gugur dan musim dingin (musim internasional atau “Piala Dunia” adalah Oktober-Februari), dan terdiri dari banyak putaran yang pendek (2,5-3,5 km atau 1,5-2 mil). Medannya bisa trotoar, jalur berhutan, rumput, bukit terjal dan rintangan yang mengharuskan pengendara untuk segera turun dari sepeda, membawa sepeda sambil menavigasi halangan dan menaiki sepeda kembali.

5. BMX

Freestyle BMX adalah motor cross yang diganti dengan sepeda BMX. Ini adalah olahraga ekstrim yang diturunkan dari balap BMX yang terdiri dari lima disiplin ilmu: jalanan, taman, belukar, jalan setapak, dan tanah datar.

Itu dia lima dari banyaknya jenis sepeda berdasarkan cabang olahraganya. Selain kelima jenis sepeda di atas, kamu tahu jenis sepeda yang lainnya, nggak nih?