5 Ide Sepeda Hias Anak untuk Meriahkan Agustusan

Acara karnaval adalah salah satu agenda yang paling ditunggu-tunggu di setiap perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Biasanya, berbagai daerah merayakan hari kemerdekaan tersebut dengan menggelar pawai yang memamerkan baju adat, juga sepeda hias.

Nah, bicara soal sepeda hias, anak-anak pun bisa ikutan juga, lho! Namun karena pandemi, pawainya ditiadakan dulu, ya. Tapi tenang, orang tua masih bisa membuat anak-anak senang dengan menghias sepeda si buah hati. Berikut ini rekomendasi ide sepeda hias untuk memeriahkan Agustusan.

1. Sepeda merah putih klasik

Ikut pawai dengan sepeda hias merah-putih memang sudah sangat umum. Namun mama bisa berkreasi lebih unik dengan dua warna ini. Anda bisa melilitkan hiasan tali atau apapun yang berwarna merah putih ke seluruh bagian sepeda si anak. Tambahkan bendera kecil di setir kanan dan kirinya.

Untuk melengkapi semangat merah-putih, pakaikan juga baju berwarna itu untuk si anak. Hiasi wajahnya dengan gambar bendera merah-putih, dan jangan lupa untuk memakaikan topi juga. Topi menjadi sangat penting dalam pawai sepeda hias, karena selain sebagai aksesori, juga sebagai pelindung dari sinar matahari.

2. Sepeda tentara pejuang kemerdekaan

Para pasukan pejuang kemerdekaan punya banyak taktik dalam berperang. Untuk bersembunyi dari musuh saat di medan terbuka, mereka menyamar dengan menjadi semak-semak. Nah, Anda para orangtua bisa pakai ide ini untuk sepeda hias si anak. Siapkan saja kardus dan tumpukan rumput kering, serta lem dan tali atau kawat.

Tempelkan rumput-rumput kering pada kardus yang sudah dibentuk agar bisa dipasangkan ke seluruh bagian sepeda. Usahakan menempelkan rumput tersebut hingga serupa semak-semak. Pakaikan baju seragam tentara kemerdekaan, lengkap dengan helm dan coreng-moreng di waja si anak, agar lebih totalitas.

3. Sepeda dokter keliling

Di era kemerdekaan, selain tentara yang gugur di medan perang, dokter juga bisa jadi pahlawan. Mereka yang mengurusi korban perang, dari yang luka-luka, hingga warga yang sakit karena kurangnya asupan gizi. Ide jadi dokter keliling di karnaval 17 Agustus tentu juga menarik nih!

Anda bisa menghias sepeda si buah hati dengan kotak putih bergambar palang merah di bagian keranjangnya. Masukkan mainan alat-alat dokter milik si kecil ke dalamnya. Lapisi juga seluruh bagian sepeda dengan warna putih. Dandani pula anak dengan baju putih, lengkap dengan topi bergambar palang merah.

4. Sepeda tank perang kemerdekaan

Anda bisa memanfaatkan kardus untuk membuat tank perang sebagai hiasan sepeda si kecil. Dengan berbekal gambar bentuk tank, Anda bisa kreasikan kardus tersebut dengan menyambungkan potongan-potongannya hingga menyerupai tank. Untuk menggambar doreng atau warna hijau seperti seragam tentara, Anda bisa pakai cat minyak.

Jangan lupa, tank pasti punya laras senjata untuk menembakkan granat. Anda bisa kreasikan bagian ini dengan memakai wadah bekas kok bulu tangkis yang disambung dengan kawat. Usahakan semua bagian dari tank kardus ini disambung dengan kawat agar kuat. Supaya aman dan tidak melukai, pastikan ujung kawat melengkung ke dalam.

5. Sepeda pesawat perang kemerdekaan

Sama seperti sepeda tank perang, Anda bisa membuat hiasan pesawat perang ini dengan kardus juga. Berbekal gambar pesawat sederhana, bentuk kasdur jadi pesawat lalu pasangkan pada sepeda menggunakan kawat. Jika tidak ingin menggambarnya dengan cat minyak, Anda bisa tambahkan aksen-aksennya dari bahan kertas saja.

Tentu saja Anda harus mendandani si anak menjadi pilot juga nih. Pakaikan seragam tentara udara Indonesia, dan lengkapi dengan kacamata serta topinya, ya. Pawai sepeda hias 17 Agustus pasti bakal seru dengan kehadiran sepeda-sepeda di atas.

Penting untuk diperhatikan, jangan membuat hiasan terlalu besar. Pastikan ukurannya standar dan tidak mengganggu sepeda lain yang melintas. Jangan sampai juga anak jadi oleng mengendarai sepedanya, karena terlalu berat bebannya atau tidak seimbang pemasangan hiasannya.