5 Cara Jitu Turunkan Berat Badan saat Gowesata

Bersepeda menjadi salah satu aktivitas yang digemari selama pandemi. Selain menyenangkan, bersepeda juga menyehatkan tubuh. Salah satu manfaat yang didapat dari bersepeda adalah membantu menurunkan berat badan. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat, ya.

Menurunkan berat badan dengan bersepeda perlu prinsip yang sama dengan olahraga lainnya, seperti ketekunan, kesabaran, disiplin, serta penerapan pola hidup sehat.

Berikut ini cara jitu menurunkan berat badan dengan bersepeda.

1. Ubah pola makan jadi lebih sehat

Jika ingin lemak yang terbakar dan berat badan turun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah asupan dan pola makan harian. Namun, bukan berarti kamu harus memangkas berlebihan asupan makanan. Cukup ubah pola makan menjadi lebih sehat dari biasanya. Makan secara teratur dan perbanyak minum air putih setiap harinya.

2. Kurangi makanan tinggi lemak dan gula

Makanan tinggi lemak dan gula punya peran besar dalam peningkatan berat badan. Jadi, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, kamu juga perlu mengurangi makanan tinggi lemak dan gula. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi makanan tinggi lemak dan gula juga dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti stroke dan diabetes.

3. Hindari konsumsi alkohol

Kalori yang terkandung dalam minuman beralkohol sangat tinggi. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsinya secara berlebihan, bersepeda seperti apapun mungkin akan percuma. Jadi, hindarilah konsumsi alkohol, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda.

Maksimalkan waktu bersepeda

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, waktu yang dihabiskan untuk bersepeda, lebih penting dibanding jarak yang ditempuh. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia, untuk menghitung berapa jarak yang bisa ditempuh saat bersepeda selama 30 menit.

Lalu, catat jarak yang mampu ditempuh dan tentukan target mengurangi waktu tempuh untuk mencapai jarak yang sama. Jika rutin melakukannya, tingkat kebugaran tubuh juga meningkat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu juga semakin singkat. Dengan begitu, kalori yang dibakar akan semakin banyak.

  1. Konsisten

Perjalanan menurunkan berat badan sebaiknya dijadikan sebagai pola hidup yang akan diadopsi selamanya. Jadi, tidak perlu buru-buru dan grasak-grusuk. Jalanilah hal ini sebagai suatu rutinitas dan lakukan secara konsisten, tanpa terburu-buru. Maksudnya, buatlah target yang mudah dan masuk akal untuk dicapai sesuai dengan kemampuan kamu.

Itu dia beberapa tips jitu menurunkan berat badan dengan bersepeda. Butuh ketekunan dan kedisiplinan dari diri sendiri agar targetmu terlaksana, untuk itu imbangi olahraga dengan gaya hidup sehat lainnya, ya!