4 Tips Mengatasi Lecet di Selangkangan saat Gowesata

Bersepeda menjadi aktivitas seru, terutama jika dilakukan bersama orang terkasih atau teman satu komunitas sepeda. Namun, aktivitas satu ini jadi tidak seru jika rasa tak nyaman pada selangkangan muncul. Apalagi, selangkangan bisa saja lecet saat kamu bersepeda di siang hari.

Lecet pada selangkangan muncul akibat keringat dan udara lembap, sehingga selangkangan terasa perih dan muncul bekas kemerahan di kulit.

Agar kegiatan bersepeda tidak terganggu, simak tips mengatasi lecet di selangkangan:

1. Pilih sadel sepeda yang nyaman

Memilih sadel sepeda yang nyaman menjadi salah satu cara mengatasi lecet di selangkangan saat bersepeda. Tidak perlu menggunakan dengan merk sadel yang mahal. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan fungsinya, terutama soal kenyamanan saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Begini tips memilihnya:

  • Sesuaikan dengan bentuk tubuh.
  • Pilih sadel yang dapat menopang pantat secara menyeluruh.
  • Pilih bahan pelapis yang tebal, tahan terhadap tekanan, anti air.
  • Pilih sadel dengan busa yang tebal dan tahan terhadap tekanan.

2. Berpakaian sesuai dengan fungsinya

Berpakaian sesuai dengan fungsinya menjadi langkah mengatasi lecet di selangkangan selanjutnya. Cara berpakaian yang satu ini dapat mengatur kelembapan dan kuman di area selangkangan. Pakaian khusus bersepeda akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih, serta membantu menghindari infeksi. Selain pakaian khusus, kamu juga perlu mengenakan pakaian yang bersih saat ingin bersepeda. Jangan memakai pakaian yang sudah dipakai.

3. Sesuaikan sadel dengan berat badan

Tekanan bobot tubuh menjadi salah satu penyebab lecet di selangkangan saat bersepeda. Hal tersebut dapat diatasi dengan memastikan sadel sepeda yang dipakai sesuai dengan berat badan. Pastikan sepertiga dari berat badan ada di sadel sepeda, sepertiga lainnya ada di tangan dan sisanya berada di kaki.

4. Mengubah posisi sesering mungkin

Mengubah posisi sesering mungkin menjadi langkah mengatasi lecet di selangkangan yang terakhir. Kamu perlu berdiri saat bersepeda untuk beristirahat dari sadel. Jika kamu adalah orang yang rentan mengalami lecet, maka berdiri setiap dua menit sekali sangat disarankan.

Itu dia tips mengatasi lecet pada selangkangan saat bersepeda. Jika luka terdeteksi di awal kemunculannya, maka persentase kesembuhan akan meningkat. Sebaiknya siapkan obat yang dibutuhkan untuk menyembuhkan lecet pada selangkangan saat bersepeda.