4 Tips Bike Fitting saat Membeli Sepeda, Biar Nyaman saat Gowesata

Bersepeda tampak mudah dilakukan. Tinggal menjaga keseimbangan, lalu kayuh pedalnya, selesai. Padahal, bersepeda dengan nyaman ternyata tidak sesimpel itu.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan kenyamanan bersepeda. Salah satunya adalah memilih sepeda yang tepat berdasarkan postur tubuhmu, atau istilah kerennya bike fitting.

Nah, ini dia tips bike fitting yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli sepeda.

1. Pilih bike fitter yang sudah terkenal mahir

Bike fitting bisa jadi lebih optimal ketika dilakukan dengan menggabungkan pengetahuan
dengan teknologi mumpuni. Karenanya, memilih pihak bike fitter yang mahir dan berpengalaman menjadi penting.

Pesepeda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui bike fitter mana yang memang memiliki kualifikasi. Pesepeda juga bisa meminta rekomendasi bike fitter dari rekan sesama pesepeda.

2. Jangan ragu berkomunikasi dengan fitter

Fitter akan ingin mendiskusikan tujuan dari bersepeda yang dilakukan dan hal lain seperti seberapa sering bersepeda dalam seminggu. Karenanya, pastikan bahwa pesepeda menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan sejujur mungkin.

Pesepeda juga bisa menceritakan masalah yang dihadapi ketika bersepeda terkait dengan kesesuaian sepeda. Misalnya tentang pesepeda sering merasa nyeri di pinggang ketika gowes atau lutut yang cepat merasa lelah. Dengan demikian, fitter bisa mengecek apakah ada kesalahan dengan setelan komponen sepeda terkait.

Jangan ragu juga untuk memberikan umpan balik setelah fitter menyesuaikan setelan sepeda. Beri tahu apabila misalnya kayuhan kurang terasa nyaman atau melakukan pengereman masih belum nyaman.

Meskipun pertanyaan yang diajukan punya jawaban subjektif dan sulit dijawab, tetap berikan jawaban terbaik dan sejujur mungkin.

3. Dengarkan saran fitter

Walaupun kita boleh bersuara jika merasa ada yang salah, tapi kita tetap mengingat
bahwa fitter adalah seorang profesional yang memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman.

Setelan baru pada sepeda mungkin terasa aneh, tetapi itu wajar. Terlebih jika kita bersepeda dalam posisi yang salah selama ini. Jika kita sudah memberi tahu fitter masih ada yang terasa janggal dan fitter mengonfirmasi bahwa seharusnya terasa demikian, coba untuk percaya.

Namun, apabila kita benar-benar khawatir ada yang belum beres, coba cek apakah tempat fitting mengizinkan bike fit ulang jika ternyata ada kesalahan.

4. Akan butuh waktu penyesuaian dengan setelan baru sepeda

Setelah fitting, pesepeda siap gowes dengan sepeda yang sudah disetel. Pesepeda harus siap untuk merasa agak aneh ketika gowes setelah fitting.

Namun, jika pesepeda langsung merasa sakit atau nyeri dengan setelan sepeda, pesepeda bisa kembali dan meminta masukan jika terjadi kesalahan.